Sinkronisasi Jadwal Perkuliahan Smt. Genap 2023/2024, Prodi PAI Tekankan Meritokrasi Tugas Dosen

PAI FITK UIN Malang – Seperti agenda semesteran sebelumnya, FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selalu melaksanakan koordinasi sinkronisasi jadwal lintas program studi secara bersama semua kaprodi, sekprodi yang dikomandani wakil dekan I (bidang akademik). Kegiatan awal semester Genap 2023/2024 diformat secara santai, sembari mereview perjalanan perkuliahan semester ganjil 2023/2024. Disamping itu, rapat ini juga disisipi pemaparan program kerja FITK tahun 2024 yang harus senafas dengan sistem perkuliahan. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Meetingroom Lt. 1 mulai pagi hingga siang, pada senin (15/01/2024).

Dalam sambutannya, dekan menyampaikan program kerja tahun ini akan memfokuskan program internasionalisasi. Kegiatan public speaking wajib diintensifkan kembali bagi para pimpinan, tendik dan mahasiswa. “sudah saatnya kita wujudkan visi unggul reputasi internasional dengan teknis pelaksanaan disatuan kerja fitk,” ujar Prof. Dr. Nur Ali, M.Pd.

Sementara itu, wadek akademik menyampaikan bahwa tahun ini akan banyak kegiatan internasional. Kolaborasi dengan universitas luar negeri, dalam berbagai program yang relevan dengan pencapain visi universitas tersebut. Kegiatan itu seperti pelatihan, magang, conference, riset, pengabdian, serta student exchange, dan lain-lain.

Fokus pada masalah penyiapan perkuliahan, wadek I membuat rambu-rambu agar dipatuhi oleh seluruh pemangku akademik, bahwa setiap prodi wajib menjaga kualitas pembelajaran. Misalnya dosen harus mengajar sesuai beban SKS yang diatur PAD (Pedoman Akademik Dosen), dosen mengajar harus sesuai bidang keahliannya, pemenuhan sarana prasarana perkuliahan agar kegiatan belajar mengajar berlangsung secara nyaman bagi dosen dan mahasiswa.

Semester genap tahun akademik 2023/2024 FITK akan menyelenggarakan kegiatan asistensi mengajar (AM) yang merupakan wujud dari implementasi dari kegiatan MBKM. Kegiatan ini diperuntukkan mahasiswa semester enam atau angkatan 2021. Kegiatan perkuliahan dan asistensi mengajar berlangsung secara terintegrasi, sehingga setiap prodi mengatur jadwal perkuliahan secara tepat dan efektif. Sebelum diterjunkan ke lokasi sekolah/madrasah, mahasiswa harus dibekali dan dilatih kemampuannya terlebih dahulu, baik yang sampaikan oleh dosen maupun oleh narasumber praktisi dari luar kampus untuk membekali mahasiswa hingga mahir.

Kegiatan MBKM Asistensi mengajar (AM) akan berlangsung secara serentak untuk semua prodi di lingkungan FITK. Asistensi mengajar didesain selama 1 semester, dengan sistem hybrid, perkuliahan tatap muka 4 kali pertemuan, praktik mengajar, dan sistem online sinkronus dan asinkronus. Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan AM, perkuliahan tatap muka (offline) akan dimulai lebih awal yakni mulai 1 Februari 2024, sedangkan menurut kalender akademik perkuliahan resminya baru akan dimulai tanggal 19 Februari 2024.

Setiap prodi menyusun jadwal dan teknis pelaksanaanya agar kegiatan perkuliahan dapat berlangsung secara baik. Dalam rapat sinkronisasi, semua prodi menyampaikan hasil penyusunan jadwal perkuliahan. Setiap dosen dipantau dan dipastikan jangan sampai kurang beban SKS-nya atau sebaliknya overload yang akan menjadikan erorr tidak bisa masuk sistem siakad. Termasuk yang tidak kalah pentingnya adalah dosen mengajar harus sesuai dengan bidang profesionalnya. Tradisi sinkronisasi ini membuka peluang terjaganya transparansi dan akuntabilitas untuk mengawal mutu dan kualitas akademik. [mj]