Visi

Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan pendidikan agama Islam Integratif yang berlandaskan teori belajar dan pembelajaran mutakhir guna melahirkan calon pendidik yang menguasai sains dan teknologi, berkarakter ulul Albab, dan bereputasi internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan pendidik agama Islam yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam di sekolah/Madrasah.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan inovasi pendidikan dan atau pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi penunjang (asisten peneliti, muballigh, jurnalis, entrepreneur di bidang pendidikan dan desainer multimedia serta penggerak pendidikan keagamaan).      
  4. Menghasilkan lulusan sarjana yang menguasai metodologi penelitian pendidikan dan pembelajaran PAI sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya dan peradaban.
  5. Menghasilkan penelitian yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan PAI di sekolah/madrasah. 
  6. Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga pendidikan dan non kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri.

Strategi

  1. Setiap tahun prodi melakukan review kurikulum untuk disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder di lingkungan nasional dan ASEAN.
  2. Mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder. 
  3. Menyusun body of knowledge Pendidikan Agama Islam yang kemudian dijadikan sebagai landasan rancangan kurikulum yang mampu merealisasikan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan kepemimpinan.
  4. Sejak tahun 2013 prodi mengirim mahasiswa pada program Praktek Kerja Lapangan pada sekolah/madrasah yang bereputasi minimal baik dalam lingkup nasional dan ASEAN.
  5. Menyelenggarakan program kelas internasional (International Class Program) untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam sejak tahun 2010. 
  6. Prodi menyelenggarakan riset kolaboratif dosen dengan mitra perguruan tinggi. 
  7. Menyelenggarakan workshop metodologi penelitian bagi dosen dan mahasiswa setiap tahun. 
  8. Prodi menyelenggarakan kursus peningkatan kemampuan bahasa Inggris dan English academic writing bagi dosen dan mahasiswa yang diselenggarakan di dalam maupun luar kampus. 
  9. Melaksanakan sistem pembelajaran yang menghasilkan kompetensi utama, kompentensi metodologi, kompetensi penunjang, dan kompentensi lainnya secara seimbang. 
  10. Membangun suasana akademik yang terintegrasi dengan kegiatan kurikuler dan non-kurikuler, seperti penugasan, fasilitas publikasi ilmiah, pelatihan, pemagangan, diskusi ilmiah, seminar, utusan mahasiswa dalam forum ilmiah, kuliah tamu, dan pengabdian masyarakat. 
  11. Memfasilitasi penyaluran lulusan melalui publikasi, seminar, penyampaian informasi, magang, kerjasama. 
  12. Memfasilitasi kegiatan dosen dalam forum-forum ilmiah baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional, serta dalam kegiatan penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah. 
  13. Mengoptimalkan tenaga kependidikan demi kelancaran pelayanan dan kelancaran kegiatan prodi. 
  14. Menyediakan, memanfaatkan, dan memelihara prasarana-sarana untuk mendukung pelayanan dan kelancaran kegiatan prodi. 
  15. Pengembangan layanan mahasiswa berbasis IT seperti dalam bidang administrasi dan akademik. 
  16. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung dan menguatkan pengembangan prodi PAI. 
  17. Meningkatkan rekognisi melalui akreditasi Internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA)
Visi Keilmuan, Strategi dan Tujuan