Menyatu dan Bersinergi dengan Alumni, Prodi PAI FITK UIN Malang Gelar Silaturrahim Lintas Angkatan (2014 s/d 2019)

PAI FITK UIN Malang – Walau sudah di penghujung tahun 2023, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tidak pernah sepi dari even penting. Buktinya, FITK menggelar kegiatan akbar berupa temu alumni untuk semua prodi, termasuk Prodi PAI. Kali ini, kegiatan temu alumni dipadu dengan acara Expo Prestasi sepanjang tahun 2023 yang di selenggarakan di Gedung Microteaching lt. 2 selama dua hari, Kamis-Jum’at (30/11 & 1/12/2023).

Kegiatan temu alumni diinisiasi oleh Wakil dekan III, Dr. Marno, M.Ag, sebagai PIC yang membidangi kemahasiswaan, kerjasama dan alumni. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa peran alumni sangat penting dibutuhkan oleh prodi guna mengembangkan kualitas akademik ke depan. Alumni dapat membantu almamater dalam menjalankan berbagai program, misalnya pengabdian, riset mahasiswa, serta berbagi informasi penting untuk mendukung perkembangan prodi. “Posisi alumni tentu dibutuhkan oleh masing-masing prodi dalam membangun sinergi yang kuat, seperti kegiatan pengabdian dosen, penelitian bagi mahasiswa yang menyelesaikan tugas, serta peningkatan networking atau kerjasama kelembagaan”, ujarnya

Temu alumni tahun ini dikemas secara santai, rileks dan menggembirakan/menghibur para tamu yang datang. Para alumni disuguhi berbagai atraksi penampilan mahasiswa FITK mulai dari musik angklung, seni tari, dan seni tarik suara dari para penyanyi multi talenta yang dipersembahkan oleh mahasiswa dari semua program studi di lingkungan FITK.

Dalam sambutan ketua alumni PAI, Ahmad Khusairi, menyampaikan bahwa semua alumni siap mendukung dan menyambut program yang dikembangkan oleh prodi maupun fakultas. Apa yang dapat kami lakukan merupakan bentuk penghormatan sekaligus kencintaan kami kepada almamater yang telah memberikan sesuatu yang luar biasa selama studi di kampus ini. “Insyallah kami siap bantu apa saja untuk fakultas dan prodi sepanjang yang bisa kami lakukan, dan bermanfaat bagi almamater terutama bagi adik-adik mahasiswa agar cepat lulus,” ungkap Khusairi, ketua alumni PAI (2022-2024).

Temu alumni akan mentradisi sebagai agenda tahunan guna merawat dan memupuk hubungan antara prodi dengan para lulusan. Acara semacam ini untuk memperkuat jaringan profesional alumni secara solid dan memperluas koneksi alumni dengan program studi PAI. Keberadaan alumni sangat penting dalam memberikan kontribusi secara langsung seperti: memberikan masukan terhadap kebijakan akademik prodi demi menjaga mutu / kualitas calon Lulusan, mewadahi dan memprakarsai untuk mensuport prodi dalam mensosialisasikan dan mempromosikan Prodi ke masyakarat, dan menjembatani kerjasama antara prodi dengan masyarakat (perseorangan/organisasi/dunia kerja/dunia usaha) dan pemerintah berkenaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat (Tridharma PT).

Selain itu, peran alumni juga sangat dibutuhkan dalam memberikan feedback perbaikan program studi, misalnya menyampaikan usulan tentang atmosfir pembelajaran (proses belajar mengajar), Keluasan & kedalaman kurikulum (muatan matakuliah), Kualitas dosen & tenaga kependidikan (admin), Sarana prasarana pembelajaran (Ma’had, Pusat Bahasa, Perpus, fasilitas perkuliahan, dll). Melalui temu alumni tahun 2023 ini, terwujud rasa kebersamaan dan rasa kepemilikan terhadap almamater. Mereka yang hadir merasa terhubung dan memiliki ikatan emosional dengan prodi serta siap berjuang, berkontribusi untuk kemajuan almamater. Kepada semua alumni, kami haturkan selamat berkarya, mengabdi dan mendedikasilan ilmu untuk kemajuan masyarakat, serta ukir prestasi dan karir yang mengharumkan nama baik almamater, keluarga dan bangsa. [mj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *