96 Mahasiswa PAI FITK UIN Malang Ikuti Ujian Skripsi di Penghujung Semester Genap 2022/2023

PAI FITK UIN Malang – Menjadi sarjana adalah dambaan bagi semua mahasiswa, tak terkecuali mahasiswa Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Di Penghujung Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 ini sebanyak 96 mahasiswa PAI mengikuti ujian skripsi yang diselenggarakan di Gedung A, Ruang A.101 – A.106 selama 3 hari, yakni (19-20 & 26/06/2023) .

Menyandang gelar sarjana merupakan predikat mulia yang didapat melalui proses pendidikan tinggi selama empat tahun, atau paling lama tujuh tahun. Tercatat 96 Mahasiswa PAI telah memperoleh gelar akademik Sarjana (S1) dalam bidang Pendidikan (S.Pd) pada bulan Juni ini. Sarjana PAI harus menunjukkan tingkat pemahaman dan penguasaan yang mendalam terhadap bidang keilmuan PAI. Gelar sarjana tersebut wajib mencerminkan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang relevan dengan disiplin ilmu ke PAI-an.

Ujian skripsi adalah bagian akhir dari proses akademik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa. Tujuan diadakannya ujian skripsi yaitu untuk mengevaluasi pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan metode penelitian yang relevan serta menghasilkan kontribusi baru dalam bidang keilmuan PAI yang digeluti selama studi. Ujian skripsi juga bertujuan untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menyusun argumen, menganalisis data, menginterpretasikan hasil penelitian, dan menyampaikan temuan secara lisan maupun tertulis.

Mahasiswa satu persatu mempertahankan hasil penelitiannya dihadapan dewan penguji.  Para penguji menilai dan menetapkan kelulusan manakala mahasiswa mampu menunjukkan kemampuannya, yang meliputi: (a) pemahaman dan penguasaan mahasiswa terhadap topik penelitian yang dipilih, (b) rumusan masalah penelitian yang relevan dan tujuan penelitian yang jelas, (c) kemampuan mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan metodologi penelitian yang sesuai dengan topik penelitian, (d) kemampuan mahasiswa dalam menganalisis data dan menghasilkan temuan yang valid dan kredibel, (e) kemampuan mahasiswa dalam menginterpretasikan hasil penelitian dan menyusun argumen yang koheren, (f) kemampuan mahasiswa dalam menyajikan temuan penelitian secara lisan dan tertulis dengan jelas dan efektif, (g) kemampuan dalam mengintegrasikan penelitian dengan perspektif Islam. (h) kemampuan mahasiswa dalam merespon pertanyaan dan kritik dari penguji dengan baik dan memberikan jawaban yang memadai.  Para penguji memastikan bahwa mahasiswa telah mencapai tingkat kompetensi akademik yang diharapkan dalam menyelesaikan studi sarjana dan menghasilkan kontribusi baru dalam bidang studi PAI.

Berdasarkan data ujian skripsi, kelulusan mahasiswa PAI yang tepat waktu sebanyak 80 mahasiswa atau 83,33 %, sedangkan lebih dari 8 semester sejumlah 16 mahasiswa atau 16,33%. Secara mudah prosentasi jumlah lulusan mahasiswa PAI dapat dilihat dalam bentuk grafik dibawah ini.

Selamat dan sukses bagi mahasiswa PAI-FITK UIN Malang yang telah lulus ujian skripsi, menjadi sarjana baru pada Semester Genap 2022/2023 semoga diberikan kelancaran dan keberkahan ilmu yang diperoleh selama studi di kampus Ulul Albab ini. Dedikasikan ilmu dan pengalaman Anda untuk membangun generasi yang berkualitas diseluruh pojok negeri. [mj]