Prodi PAI FITK UIN Malang Gelar Evaluasi Akademik untuk Tingkatkan Kualitas Pembelajaran 2024/2025
PAI FITK UIN Malang– Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mengadakan kegiatan evaluasi akademik. Evaluasi ini bertujuan untuk menilai pencapaian akademik selama satu semester, sekaligus sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran dan pengelolaan kurikulum yang lebih baik di masa mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan para hari Senin di Aula Gedung Microteaching Lt. 2 (19/8/2024).
Kegiatan evaluasi ini dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi PAI, Mujtahid, M.Ag., yang dihadiri oleh para dosen. Dalam sambutannya, Mujtahid menyampaikan bahwa evaluasi akademik ini merupakan bagian dari komitmen Program Studi PAI untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan, serta memastikan bahwa seluruh komponen pembelajaran berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Evaluasi akademik ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap semester untuk mengkaji capaian pembelajaran, efektivitas kurikulum, serta menilai implementasi metode pengajaran yang diterapkan oleh para dosen. Kegiatan evaluasi ini penting untuk memastikan proses pendidikan berjalan sesuai dengan standar yang diharapkan dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa.
“Evaluasi akademik ini menjadi refleksi bagi kita semua untuk melihat sejauh mana pencapaian yang telah diraih, sekaligus mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki. Kami ingin memastikan bahwa kurikulum, metode pengajaran, serta kegiatan akademik lainnya mampu menjawab kebutuhan mahasiswa dan dunia pendidikan saat ini,” ungkap Mujtahid.
Evaluasi ini melibatkan penilaian terhadap beberapa aspek, termasuk pencapaian learning outcomes, efektivitas metode pengajaran, kualitas interaksi antara dosen dan mahasiswa, serta tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran. Selain itu, evaluasi juga mencakup hasil-hasil penelitian dan publikasi dosen, yang menjadi indikator kinerja akademik para pengajar di Prodi PAI.
Salah satu agenda utama evaluasi ini adalah meninjau implementasi kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) yang mulai diterapkan di Prodi PAI dalam beberapa tahun terakhir. Kurikulum OBE menekankan pada capaian kompetensi yang diharapkan dari setiap lulusan, serta mengintegrasikan keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja. Melalui evaluasi ini, diharapkan ada penyesuaian yang diperlukan agar kurikulum tersebut semakin relevan dan efektif.
Dosen senior PAI, Prof. Dr. Hj. Sutiah, dalam pemaparannya menekankan pentingnya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan konstruktif. "Kami perlu mendengar umpan balik dari mahasiswa agar metode pengajaran kami bisa terus berkembang. Evaluasi ini juga menjadi kesempatan bagi dosen untuk berbagi pengalaman dalam mengatasi berbagai tantangan pembelajaran di kelas," jelas Guru Besar PAI.
Selain itu, kegiatan evaluasi akademik juga membuka ruang diskusi antara dosen dan pengelola untuk memberikan masukan mengenai fasilitas pendukung akademik, seperti ketersediaan bahan ajar, akses ke sumber-sumber referensi, serta penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Beberapa mahasiswa mengapresiasi penerapan teknologi dalam pembelajaran daring, namun ada juga yang menyarankan adanya peningkatan akses dan pengembangan platform pembelajaran yang lebih interaktif.
Evaluasi akademik ini juga menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi selama masa transisi pembelajaran dari daring ke luring, terutama dalam hal penyesuaian metode dan alat evaluasi yang digunakan oleh dosen. Beberapa dosen mengakui bahwa evaluasi pembelajaran luring membutuhkan penyesuaian kembali agar lebih optimal, mengingat perubahan pola belajar mahasiswa pasca pandemi.
Sebagai langkah lanjut dari kegiatan evaluasi ini, Prodi PAI akan menyusun laporan hasil evaluasi yang nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk merumuskan strategi peningkatan kualitas pendidikan di semester berikutnya. Selain itu, evaluasi ini juga menjadi acuan dalam pelaksanaan audit mutu internal yang secara rutin dilakukan oleh fakultas.
Dengan adanya evaluasi akademik ini, diharapkan Prodi Pendidikan Agama Islam FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat terus meningkatkan kualitas pembelajarannya dan menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan dunia pendidikan. (mj)